Langsung ke konten utama

Resensi Novel Fantastic Beasts and Where to Find Them

Resensi Novel Fantastic Beasts and Where to Find Them



1. Identitas Buku
      
      Judul Buku    : Fantastic Beasts and Where to Find Them
      Penulis          : J.K. Rowling
      Penerbit        : PT Gramedia Pustaka Utama
      Tahun Terbit  : November 2017
      Halaman       : 160 halaman
      Nomor Edisi  : ISBN 978-602-03-7899-2

2. Sinopsis
      
      Buku ini sangatlah cocok bagi penggemar Harry Potter atau orang orang yang suka dengan hal-hal yang berbau fantasi. Buku ini ditulis oleh J.K. Rowling, tetapi dalam buku ini seolah-olah ditulis oleh Newt Scamander. Newt Scamander adalah orang yang mempelajari tentang ilmu hewan-hewan gaib atau biasa disebut Magizoologi. Ia menuliskan hasil risetnya yang dilakukannya selama bertahun-tahun di buku ini. Setiap penyihir yang ada di dunia pasti memiliki satu buku ini. Buku ini biasa digunakan di sekolah sihir sebagai buku pelajaran wajib di sekolah tersebut.

      Di dalam ini, dituliskan berbagai jenis hewan-hewan fantastis atau hewan-hewan gaib. Berdasarkan tingkat bahayanya, hewan-hewan tersebut dibagi menjadi 5 jenis, yaitu : pembunuh penyihir/mustahil dijinakkan, berbahaya, dapat ditangani penyihir yang ahli, dapat djinakkan, hingga yang membosankan. Hewan tersebut diurutkan berdasarkan abjad. Di buku ini juga dijelaskan mengenai kekuatan sihir dari hewan tersebut, habitat, sifat, cara bereproduksi, dan makanan hewan tersebut. Dalam beberapa bagian, ada beberapa catatan yang bisa membuat para pembaca percaya bahwa hewan tersebut benar-benar ada.

3. Kelebihan Buku
       
      Buku ini memiliki cover yang cukup menarik. Di cover buku terdapat gambar dari salah satu hewan fantastis yang ada di dunia. Buku ini membuat kita seperti siswa sekolah penyihir. Buku juga dilengkapi gambar dari setiap hewan-hewan yang ditulis di buku ini. Di buku ini, J.K. Rowling menulis bab pendahuluan yang berisikan tentang buku ini, sejarah buku ini, sejarah hewan-hewan gaib dalam dunia sihir, dan sejarah Muggle/No-Maj (Manusia Biasa). Dengan penulisan bab pendahuluan tersebut, buku ini jadi terasa sangat nyata.

4. Kekurangan Buku

      Bagi yang sudah menonton film Fantastic Beasts, sepertinya akan sedikit kecewa ketika membaca buku ini. Karena buku ini tidaklah sama dengan film yang ditayangkan di bioskop. Buku ini hanya berisi klasifikasi dari hewan-hewan gaib. Untuk membaca buku ini, sebaiknya kita membaca buku-buku Harry Potter sebelumnya. Karena dibuku ini terdapat istilah-istilah penyihir yang tidak diketahui oleh orang yang bukan penggemar Harry Potter. Di buku ini juga tidak menampilkan gambar dari beberapa hewan gaib yang ditulis di buku ini.
            


Komentar